SILABUS | |||||||||
| | | | | | | | | |
Mata Pelajaran | : IPS | | | | | | | | |
Kelas / Semester | : VI / I | | | | | | | | |
Standar Kompetensi | : Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua | ||||||||
| | | | | | | | | |
KOMPETENSI | MATERI POKOK / | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI | SUMBER | |||
DASAR | PEMBELAJARAN | WAKTU | BELAJARA | ||||||
| | | | /ALAT | |||||
7 | Mendeskripsikan | Perkembangan sistem | Memperhatian penjelasan guru | - | Menjelaskan perkembangan sistem adminis | - | Tertulis, uraian | 18 x 35 menit | Peta, Globe, |
| perkembangan sis | administrasi wilayah | tentang perkembangan sistem | | trasi wilayah Indonesia | - | Pengamatan | pert 1-6 | Buku yang |
| tem Administrasi | Indonesia | administrasi wilayah Indonesia | - | Menunjukan perkembangan sistem adminis | | | (6 minggu) | relevan |
| wilayah Indonesia | | Mengamatai atlas/globe | | trasi wlayah Indonesiadalam Peta/globe | | | | |
| | | | - | Membandingkan perkembangan sistem admi | | | | |
| | | | | nistrasi wilayah Indonesia dengan negara- | | | | |
| | | | | negara tetangga | | | | |
8 | membandingkan ke | Kenampakan alam dan | Tanya jawab tentang kenampakan | - | Menunjukan tentang kenampakan alam dan | - | Tertulis, Uraian | 18 x 35 menit | Peta, Globe, |
| nampakan alam dan | keadaan sosial negara- | alam dan keadaan sosial negara- | | keadaan sosial negara-negara tetangga | - | Pengamatan | pert 7-12 | Buku yang |
| keadaan sosial negara- | negara tetangga | negara tetangga | - | Membandingkan kenampakan alam dan kea | | | (6 minggu) | relevan |
| negara tetangga | | | | daan sosial negara-negara tetangga | | | | |
9 | Mengodentifikasi | Benua-benua | Mengaati atlas/globe | - | Menunjukkan benua-benua | - | Tertulis, Uraian | 18 x 35 menit | Peta, Globe, |
| kan benua-beua | | Mendiskusikan benua-benua | - | Membedakan benua bennya | - | Pengamatan | pert 13-18 | Buku yang |
| | | | | | | | (6 minggu) | relevan |
SILABUS | |||||||||
| | | | | | | | | |
Mata Pelajaran | : IPS | | | | | | | | |
Kelas / Semester | : VI / I | | | | | | | | |
Standar Kompetensi | : Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua | ||||||||
| | | | | | | | | |
KOMPETENSI | MATERI POKOK / | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI | SUMBER | |||
DASAR | PEMBELAJARAN | WAKTU | BELAJAR | ||||||
| | | | /ALAT | |||||
5 | Mendeskripsikan | Gejala (Peristiwa) alam | Membandingkan gejala alam nega | - | Menunjukkan pada peta letak dan nama nega | - | Tertulis, pil. | 12 x 35 menit | Gambar Peta |
| gejala (peristiwa) | yang terjadi di Indonesia | ra Indonesia dan Negara-negara | | ra-negara tetangga Indonesia | | Ganda, jawab | pert 1-4 | Indonesia, |
| alam yang terjadi di | dan negara tetangga | tetangga | - | Membandingkan ciri-ciri gejala alam Indone | | singkat | (4 minggu) | Gambar peta |
| Indonesia dan nega | | | | sia dengan negara-negara lain | - | Pengamatan | | ASEAN |
| ra tetangga | | | | | | | | |
6 | Mengenal cara-cara | Cara-cara menghadapi | Mendiskusikan cara-cara mengha | - | Menjelaskan carca-cara menghadapi | - | Tertulis: jawab | 12 x 35 menit | Gambar ben |
| menghadapi benca | bencana alam | dapi bencna alam | | bencana alam | | sinkat, uraian | pert 1-4 | cana alam |
| na alam | | Tanya jawan jenis-jenis bencana | - | Tanya Jawanb jenis-jenis bencana alam | | tentang cara | (4 minggu) | yang disebabkan |
| | | alam | | | | menghadapi | | oleh banjir, gempa |
| | | | | | | bencana alam | | bumi, tsunami, |
| | | | | | | | | kekeringan |
SILABUS | |||||||||
| | | | | | | | | |
Mata Pelajaran | : IPS | | | | | | | | |
Kelas / Semester | : VI / I | | | | | | | | |
Standar Kompetensi | : Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua | ||||||||
| | | | | | | | | |
KOMPETENSI | MATERI POKOK / | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI | SUMBER | |||
DASAR | PEMBELAJARAN | WAKTU | BELAJAR | ||||||
| | | | /ALAT | |||||
1 | Menjelaskan peranan | Peranan Indonesia pada | Menjelaskan peranan Indonesia | - | Menjelaskan Peranan Indonesia pada era | - | Tertulis: Jawab, | 12 x 35 menit | Gambar pabrik |
| Indonesia pada era | era globalisasi dan dam | pada era globalisasi | | globalisasi | | singkat, pil. | pert 9-12 | tekstil, gambar |
| globalisasi dan dam | pak positif serta negatif | Mendiskusikan contoh perubahan | - | Menjelaskan contoh perubaan perilaku masya | | Ganda, uraian | (4 minggu) | kilang minyak |
| pak positif serta | nya terhadap kehidupan | perilaku masyarakat sebagai | | rakat sebagai dampak globalisasi (misalnya : | | | | |
| negatifnya terhadap | bagsa Indonesia | dampak globalisasi | | gaya, hidup, makanan, paaian, komunikasi, | | | | |
| kehidupan bangsa | | | | perjalanan, nilai-nilai, dan trandisi) | | | | |
| Indonesia | | | | | | | | |
2 | Mengenal manfaat | Manfaat ekspor dan | Menjelaskan jenis barang yang | - | Menemutunjukkan barang yang diekspor dan | - | Tertulis: pil. | 12 x 35 menit | Gambar kapal |
| ekspor dan impor di | impor | diekpor dan disipan | | diimpor oleh Indonesia | | Ganda, jawab, | pert 13-16 | yang sedang bong |
| | | | | | | singkat, uraian | (4 minggu) | kar muat barang |
| Indonesia sebagai | | Mendiskusikan bentuk-bentuk | - | Menjelaskan betuk-bentuk kegiatan pertuka | - | Pengamatan | | dipelabuhan. |
| kegiatan ekonomi | | kegiatan pertukaran barang antara | | ran barang-barang antara Indonesia dan | | | | |
| antar bangsa | | Indonesia dan luar negeri | | luar negeri | | | | |
| | | Mendiskusikan manfaat adanya pertukaran | - | Menunjukkan manfaat adanya pertukaran | | | | |
| | | barang antara Indonesia dan luar negeri | | barang antara Indonesia dan Luar negeri | | | | |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VI / I
Alokasi Waktu :18 x 35 menit
Pert. 7 – 12 (6 minggu)
I. Standar Kompetensi : Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan
alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua.
II. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan kenampakan alam dan keadaan sosial
negara-negara tetangga
III. Indikator : - menunjukan tentang kenampakan alam dan keadaan sosial
negara-neara tetangga
- membandingkan kenampakan alam keadaan sosial negara-
negara tetangga.
IV. Materi Pokok
Kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga.
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 7-12)
Pertemuan 7-9
- Menjelaskan tentang kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga
- Tanya jawab dan observasi tentang kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga
Pertemuan 10-12
- Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
- Mendiskusikan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
VI. Alat Dan Sumber Bahan
- Peta, atlas
- Globedan Buku yang relevan
VII. Penilaian
- Tes tertulis : Uraian
- Pengamatan / perbuatan
Mengetahui, Demak, ………………………20…….
Kepala Sekolah Guru Kelas
………………………. ……………………….
NIP. ………………… NIP. …………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VI / I
Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
Pert. 1 – 6 (6 minggu)
I. Standar Kompetensi : Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan
alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara
serta benua-benua.
II. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan perkembangan system administrasi wilayah
Indonesia
III. Indikator : - Menjelaskan perkembangan system administrasi wilayah
Indonesia
- Menunjukan perkembangan system administrasi wilayah
Indonesia dalam Peta / globe
- Membandingkan perkembangan system administrasi wilayah
Indonesia dengan Negara-negara tetangga.
IV. Materi Pokok
Perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1-6)
Pertemuan 1-2
- Menjelaskan tentang perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
- Tanya jawab tentang perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
Pertemuan 1-2
- Menunjukkan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia dalam peta / atlas, globe
- Mengamati peta / atlas, globe setelah itu menunjukkan dalam peta/atlas, globe tersebut
- Tanya jawab.
Pertemuan 1-2
- Membandingkan perkembangan sistem administrasiwilayah Indonesia dengan negara-negara tetangga.
- Mengamati dan mendiskusikan tentang perkembangan sistem admisitrasi wilayah Indonesia dengan negara-negara tetangga.
- Tugas
VI. Alat Dan Sumber Bahan
- Peta
- Globe
- Buku yang relevan
VII. Penilaian
- Tes tertulis : Uraian
- Pengamatan / perbuatan
Mengetahui, Demak, ………………………20…….
Kepala Sekolah Guru Kelas
………………………. ……………………….
NIP. ………………… NIP. …………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VI / I
Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
Pert. 13 – 18 (6 minggu)
I. Standar Kompetensi : Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan
alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara
serta benua-benua.
II. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi benua-benua
III. Indikator : - Menunjukkan benua-benua
- Membedakan benua-benua
IV. Materi Pokok
Benua-benua
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 13-18)
Pertemuan 13-15
- Menunjukan benua-benua
- Dengan mengadakan pengamatan peta, atlas/globe yang dilanjutkan tanya jawab dan diskusi.
Pertemuan 16-18
- Membedakan benua-benua
- Mengamati peta, atlas/globe dilanjutkan tanya jawab, diskusi, tugas
VI. Alat Dan Sumber Bahan
- Peta,
- Globe
- Buku yang relevan
VII. Penilaian
- Tes tertulis : Uraian
- Pengamatan / perbuatan
Mengetahui, Demak, ………………………20…….
Kepala Sekolah Guru Kelas
………………………. ……………………….
NIP. ………………… NIP. …………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VI / II
Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
Pert. 1 – 5 (5 minggu)
I. Standar Kompetensi : Memahami gejala (peristiwa) di Indonesia dan sekitarnya.
II. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di
Indonesia dan negara tetangga
III. Indikator : - Menemutunjukkan pada peta letak dan nama negara
tetangga Indonesia.
- Membandingkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan
negara-negara lain.
IV. Materi Pokok
Gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1-5)
Pertemuan 1
- Pengamatan Peta Asia Tenggara
- Tanya jawab tentang Peta Asia Tenggara
- Menemutunjukkan negara-negara Asia Tenggara
Pertemuan 2
- Pengamatan Peta Asia Tenggara
- Mendisusikan negara-negara Asia Tenggara
- Menggambar peta negara-negara Asia Tenggara
Pertemuan 3
- Pengamatan peta Asia Tenggara
- Mendiskusikan tentang ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
- Menemutunjukkan ciri-ciri gejala ala Indonesia denga Negara-negara di Asia Tenggara.
Pertemuan 4
- Pengamatan peta Asia Tenggara
- Menyebutkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
- Tanya jawab ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tanggara.
Pertemuan 5
- Kesimpuan guru dan siswa
- Evaluasi
VI. Alat Dan Sumber Bahan
- Gambar peta Indonesia
- Gambar Peta Asia Tenggara
VII. Penilaian
- Tes tertulis : Pilihan ganda, jawab singkat
- Pengamatan / perbuatan
Mengetahui, Demak, ………………………20…….
Kepala Sekolah Guru Kelas
………………………. ……………………….
NIP. ………………… NIP. …………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VI / II
Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
Pert. 6 – 9 (4 minggu)
I. Standar Kompetensi : Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia dan
sekitarnya.
II. Kompetensi Dasar : Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam.
III. Indikator : - Menjelaskan cara-cara menghadapi bencana alam.
- Menunjukkan jenis-jenis bencana alam.
IV. Materi Pokok
Cara menghadapi bencana alam
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 6-9)
Pertemuan 6
- Menjelaskan tentang cara-cara menghadapi bencana alam
- Tanya jawab tentang cara-cara menghadapi bencana alam
- Mendiskusikan tentang cara-cara menghadapi bencana alam
Pertemuan 7
- Mengamati gambar bencana alam
- Menentukan cara-cara menghadapi bencana alam
- Mendiskusikan bantuan yang sesuai dengan bencana alam yang terjadi
Pertemuan 8
- Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu
- Menjelaskan tentang jenis-jenis bencana alam
- Mendiskusikan penyebab tiap jenis bencana alam
Pertemuan 9
- Kesimpulan guru da siswa
- Evaluasi
VI. Alat Dan Sumber Bahan
- Gambar peta Indonesia
- Gambar Peta Asia Tenggara
VII. Penilaian
- Tes tertulis : jawab singkat, uraian
- Pengamatan / perbuatan
Mengetahui, Demak, ………………………20…….
Kepala Sekolah Guru Kelas
………………………. ……………………….
NIP. ………………… NIP. …………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VI / II
Alokasi Waktu : 15 x 35 menit
Pert. 10 – 14 (4 minggu)
I. Standar Kompetensi : Memahami peranan Indonesia di era globalisasi
II. Kompetensi Dasar : Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi dan
dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan Bangsa
Indonesia
III. Indikator : - Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi.
- Menunjukkan contoh perubahan perilaku masyarakat
sebagai dampak globalisasi (Misalnya : gaya hidup,
makanan, pakaian, komunikasi, perjalanan nilai-nilai dan
tradisi).
IV. Materi Pokok
Peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak positif serta negatifnya terhadap keidupan bangsa Indonesia.
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 10-14)
Pertemuan 10
- Tanya jawab tentang materi Yang telah diajarkan
- Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi
- Mendiskusikan peranan Indonesia pada era globalisasi.
Pertemuan 11
- Tanya jawab tentang materi Yang telah diajarkan
- Menjelaskan contoh-contoh perubahan perilaku masyarakat sebagai dampak globalisasi.
- Mendiskusikan contoh-contoh perubahan pada era globalisasi.
Pertemuan 12
- Tanya jawab tentang materi Yang telah diajarkan
- Menjelaskan dampak positif terhadap kehidupan bangsa Indonesia akibat globalisasi
- Mendiskusiakan dampak positif globalisasi terhadap kehidupan bangsa Indonesia.
Pertemuan 13
- Tanya jawab tentang materi Yang telah diajarkan
- Menjelaskan dampak negatif terhadap kehidupan bangsa Indonesia akibat globalisasi
- Mendiskusikan dampak negatif globalisasi terhadap kehidupan bangsa Indonesia.
Pertemuan 14
- Kesimpuan guru dan siswa
- Evaluasi
VI. Alat Dan Sumber Bahan
- Gambar pabrik tekstil
- Gambar kilang minyak
VII. Penilaian
- Tes tertulis : jawab singkat, Pilihan ganda, Uraian
- Pengamatan / perbuatan
Mengetahui, Demak, ………………………20…….
Kepala Sekolah Guru Kelas
………………………. ……………………….
NIP. ………………… NIP. …………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VI / II
Alokasi Waktu : 15 x 35 menit
Pert. 15 – 18 (4 minggu)
I. Standar Kompetensi : Memahami peranan Indonesia di era globalisasi mengenai
manfaat ekspor dan impor di Indonesia.
II. Kompetensi Dasar : Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai
kegiatan ekonomi antar bangsa.
III. Indikator : - Menemutunjukkan barang yang di Ekspor dan di Impor oleh
Indonesia.
- Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan pertukaran barang-
barang antara Indonesia dan luar negeri.
- Menunjukkan manfaat adanya pertukaran barang antara
Indonesia dan luar negeri.
IV. Materi Pokok
Gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1-5)
Pertemuan 1
- Pengamatan Peta Asia Tenggara
- Tanya jawab tentang Peta Asia Tenggara
- Menemutunjukkan negara-negara Asia Tenggara
Pertemuan 2
- Pengamatan Peta Asia Tenggara
- Mendisusikan negara-negara Asia Tenggara
- Menggambar peta negara-negara Asia Tenggara
Pertemuan 3
- Pengamatan peta Asia Tenggara
- Mendiskusikan tentang ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
- Menemutunjukkan ciri-ciri gejala ala Indonesia denga Negara-negara di Asia Tenggara.
Pertemuan 4
- Pengamatan peta Asia Tenggara
- Menyebutkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
- Tanya jawab ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tanggara.
Pertemuan 5
- Kesimpuan guru dan siswa
- Evaluasi
VI. Alat Dan Sumber Bahan
- Gambar peta Indonesia
- Gambar Peta Asia Tenggara
VII. Penilaian
- Tes tertulis : Pilihan ganda, jawab singkat
- Pengamatan / perbuatan
Mengetahui, Demak, ………………………20…….
Kepala Sekolah Guru Kelas
………………………. ……………………….
NIP. ………………… NIP. …………………
1 komentar:
tanks kk ats silabusnya.....
Posting Komentar