Selasa, 06 Desember 2011

contoh silabus


SILABUS










Mata Pelajaran
: IPS







Kelas / Semester
: VI / I







Standar Kompetensi
: Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua










KOMPETENSI
MATERI POKOK /
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI
SUMBER
DASAR
PEMBELAJARAN
WAKTU
BELAJARA




/ALAT
7
Mendeskripsikan
Perkembangan sistem
Memperhatian penjelasan guru
-
Menjelaskan perkembangan sistem adminis
-
Tertulis, uraian
18 x 35 menit
Peta, Globe,

perkembangan sis
administrasi wilayah
tentang perkembangan sistem

trasi wilayah Indonesia
-
Pengamatan
pert 1-6
Buku yang

tem Administrasi
Indonesia
administrasi wilayah Indonesia
-
Menunjukan perkembangan sistem adminis


(6 minggu)
relevan

wilayah Indonesia

Mengamatai atlas/globe

trasi wlayah Indonesiadalam Peta/globe








-
Membandingkan perkembangan sistem admi









nistrasi wilayah Indonesia dengan negara-









negara tetangga




8
membandingkan ke
Kenampakan alam dan
Tanya jawab tentang kenampakan
-
Menunjukan tentang kenampakan alam dan
-
Tertulis, Uraian
18 x 35 menit
Peta, Globe,

nampakan alam dan
keadaan sosial negara-
alam dan keadaan sosial negara-

keadaan sosial negara-negara tetangga
-
Pengamatan
pert 7-12
Buku yang

keadaan sosial negara-
negara tetangga
negara tetangga
-
Membandingkan kenampakan alam dan kea


(6 minggu)
relevan

negara tetangga



daan sosial negara-negara tetangga




9
Mengodentifikasi
Benua-benua
Mengaati atlas/globe
-
Menunjukkan benua-benua
-
Tertulis, Uraian
18 x 35 menit
Peta, Globe,

kan benua-beua

Mendiskusikan benua-benua
-
Membedakan benua bennya
-
Pengamatan
pert 13-18
Buku yang








(6 minggu)
relevan

SILABUS










Mata Pelajaran
: IPS







Kelas / Semester
: VI / I







Standar Kompetensi
: Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua










KOMPETENSI
MATERI POKOK /
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI
SUMBER
DASAR
PEMBELAJARAN
WAKTU
BELAJAR




/ALAT
5
Mendeskripsikan
Gejala (Peristiwa) alam
Membandingkan gejala alam nega
-
Menunjukkan pada peta letak dan nama nega
-
Tertulis, pil.
12 x 35 menit
Gambar Peta

gejala (peristiwa)
yang terjadi di Indonesia
ra Indonesia dan Negara-negara

ra-negara tetangga Indonesia

Ganda, jawab
pert 1-4
Indonesia,

alam yang terjadi di
dan negara tetangga
tetangga
-
Membandingkan ciri-ciri gejala alam Indone

singkat
(4 minggu)
Gambar peta

Indonesia dan nega



sia dengan negara-negara lain
-
Pengamatan

ASEAN

ra tetangga








6
Mengenal cara-cara
Cara-cara menghadapi
Mendiskusikan cara-cara mengha
-
Menjelaskan carca-cara menghadapi
-
Tertulis: jawab
12 x 35 menit
Gambar ben

menghadapi benca
bencana alam
dapi bencna alam

bencana alam

sinkat, uraian
pert 1-4
cana alam

na alam

Tanya jawan jenis-jenis bencana
-
Tanya Jawanb jenis-jenis bencana alam

tentang cara
(4 minggu)
yang disebabkan



alam



menghadapi

oleh banjir, gempa







bencana alam

bumi, tsunami,









kekeringan

SILABUS










Mata Pelajaran
: IPS







Kelas / Semester
: VI / I







Standar Kompetensi
: Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua










KOMPETENSI
MATERI POKOK /
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI
SUMBER
DASAR
PEMBELAJARAN
WAKTU
BELAJAR




/ALAT
1
Menjelaskan peranan
Peranan Indonesia pada
Menjelaskan peranan Indonesia
-
Menjelaskan Peranan Indonesia pada era
-
Tertulis: Jawab,
12 x 35 menit
Gambar pabrik

Indonesia pada era
era globalisasi dan dam
pada era globalisasi

globalisasi

singkat, pil.
pert 9-12
tekstil, gambar

globalisasi dan dam
pak positif serta negatif
Mendiskusikan contoh perubahan
-
Menjelaskan contoh perubaan perilaku masya

Ganda, uraian
(4 minggu)
kilang minyak

pak positif serta
nya terhadap kehidupan
perilaku masyarakat sebagai

rakat sebagai dampak globalisasi (misalnya :





negatifnya terhadap
bagsa Indonesia
dampak globalisasi

gaya, hidup, makanan, paaian, komunikasi,





kehidupan bangsa



perjalanan, nilai-nilai, dan trandisi)





Indonesia








2
Mengenal manfaat
Manfaat ekspor dan
Menjelaskan jenis barang yang
-
Menemutunjukkan barang yang diekspor dan
-
Tertulis: pil.
12 x 35 menit
Gambar kapal

ekspor dan impor di
impor
diekpor dan disipan

diimpor oleh Indonesia

Ganda, jawab,
pert 13-16
yang sedang bong







singkat, uraian
(4 minggu)
kar muat barang

Indonesia sebagai

Mendiskusikan bentuk-bentuk
-
Menjelaskan betuk-bentuk kegiatan pertuka
-
Pengamatan

dipelabuhan.

kegiatan ekonomi

kegiatan pertukaran barang antara

ran barang-barang antara Indonesia dan





antar bangsa

Indonesia dan luar negeri

luar negeri







Mendiskusikan manfaat adanya pertukaran
-
Menunjukkan manfaat adanya pertukaran







barang antara Indonesia dan luar negeri

barang antara Indonesia dan Luar negeri








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester                  : VI / I
Alokasi Waktu                       :18 x 35 menit
                                                Pert. 7 – 12 (6 minggu)
 


I.      Standar Kompetensi    : Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan
alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua.
II.    Kompetensi Dasar        : Mendeskripsikan kenampakan alam dan keadaan sosial
                                                negara-negara tetangga
III.   Indikator                         : - menunjukan tentang kenampakan alam dan keadaan sosial
                                                  negara-neara tetangga
        - membandingkan kenampakan alam keadaan sosial negara-
          negara tetangga.

IV.  Materi Pokok
Kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga.

V.    Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 7-12)
Pertemuan 7-9
-          Menjelaskan tentang kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga
-          Tanya jawab dan observasi tentang kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga
Pertemuan 10-12
-          Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
-          Mendiskusikan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga

VI.  Alat Dan Sumber Bahan
-          Peta, atlas
-          Globedan Buku yang relevan

VII. Penilaian
-        Tes tertulis          : Uraian
-        Pengamatan / perbuatan


                                   Mengetahui,                          Demak, ………………………20…….
                                Kepala Sekolah                                            Guru Kelas           



                            ……………………….                               ……………………….
                            NIP. …………………                                NIP. …………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester                  : VI / I
Alokasi Waktu                       : 18 x 35 menit
                                                Pert. 1 – 6 (6 minggu)
 


I.      Standar Kompetensi    : Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan
  alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara
  serta benua-benua.
II.    Kompetensi Dasar        : Mendeskripsikan perkembangan system administrasi wilayah
                                                Indonesia
III.   Indikator                         : - Menjelaskan perkembangan system administrasi wilayah
                                                  Indonesia
                                               - Menunjukan perkembangan system administrasi wilayah
                                                 Indonesia dalam Peta / globe
                                               - Membandingkan perkembangan system administrasi wilayah
                                                 Indonesia dengan Negara-negara tetangga.
IV.  Materi Pokok
         Perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia

V.    Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1-6)
Pertemuan 1-2
-          Menjelaskan tentang perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
-          Tanya jawab tentang perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
Pertemuan 1-2
-          Menunjukkan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia dalam peta / atlas, globe
-          Mengamati peta / atlas, globe setelah itu menunjukkan dalam peta/atlas, globe tersebut
-          Tanya jawab.
Pertemuan 1-2
-          Membandingkan perkembangan sistem administrasiwilayah Indonesia dengan negara-negara tetangga.
-          Mengamati dan mendiskusikan tentang perkembangan sistem admisitrasi wilayah Indonesia dengan negara-negara tetangga.
-          Tugas

VI.  Alat Dan Sumber Bahan
-          Peta
-          Globe
-          Buku yang relevan

VII. Penilaian
-        Tes tertulis          : Uraian
-        Pengamatan / perbuatan


                                   Mengetahui,                          Demak, ………………………20…….
                                Kepala Sekolah                                            Guru Kelas           



                            ……………………….                               ……………………….
                            NIP. …………………                                NIP. …………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester                  : VI / I
Alokasi Waktu                       : 18 x 35 menit
                                                Pert. 13  – 18 (6 minggu)

 

I.      Standar Kompetensi    : Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan
                                                alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara
                                                serta benua-benua.
II.    Kompetensi Dasar        : Mengidentifikasi benua-benua
III.   Indikator                         : - Menunjukkan benua-benua
                                                - Membedakan benua-benua
IV.  Materi Pokok
Benua-benua
V.    Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 13-18)
Pertemuan 13-15
-          Menunjukan benua-benua
-          Dengan mengadakan pengamatan peta, atlas/globe yang dilanjutkan tanya jawab dan diskusi.
Pertemuan 16-18
-          Membedakan benua-benua
-          Mengamati peta, atlas/globe dilanjutkan tanya jawab, diskusi, tugas
VI.  Alat Dan Sumber Bahan
-          Peta,
-          Globe
-          Buku yang relevan
VII. Penilaian
-        Tes tertulis          : Uraian
-        Pengamatan / perbuatan


                                   Mengetahui,                          Demak, ………………………20…….
                                Kepala Sekolah                                            Guru Kelas           



                            ……………………….                               ……………………….
                            NIP. …………………                                NIP. …………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester                      : VI / II
Alokasi Waktu                           : 18 x 35 menit
                                                    Pert. 1 – 5 (5 minggu)
 

I.      Standar Kompetensi        : Memahami gejala (peristiwa) di Indonesia dan sekitarnya.
II.    Kompetensi Dasar            : Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di
                                                    Indonesia dan negara tetangga
III.   Indikator                             : - Menemutunjukkan pada peta letak dan nama negara
                                                      tetangga Indonesia.
                                                    - Membandingkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan
                                                      negara-negara lain.

IV.  Materi Pokok
Gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
V.    Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1-5)
Pertemuan 1
-          Pengamatan Peta Asia Tenggara
-          Tanya jawab tentang Peta Asia Tenggara
-          Menemutunjukkan negara-negara Asia Tenggara
Pertemuan 2
-          Pengamatan Peta Asia Tenggara
-          Mendisusikan negara-negara Asia Tenggara
-          Menggambar peta negara-negara Asia Tenggara
Pertemuan 3
-          Pengamatan peta Asia Tenggara
-          Mendiskusikan tentang ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
-          Menemutunjukkan ciri-ciri gejala ala Indonesia denga Negara-negara di Asia Tenggara.
Pertemuan 4
-          Pengamatan peta Asia Tenggara
-          Menyebutkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
-          Tanya jawab ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tanggara.
Pertemuan 5
-          Kesimpuan guru dan siswa
-          Evaluasi
VI.  Alat Dan Sumber Bahan
-          Gambar peta Indonesia
-          Gambar Peta Asia Tenggara
VII. Penilaian
-     Tes tertulis    : Pilihan ganda, jawab singkat
-     Pengamatan / perbuatan


                                   Mengetahui,                          Demak, ………………………20…….
                                Kepala Sekolah                                            Guru Kelas           



                            ……………………….                               ……………………….
                            NIP. …………………                                NIP. …………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                              : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester                          : VI / II
Alokasi Waktu                               : 18 x 35 menit
                                                        Pert. 6 – 9 (4 minggu)

 

I.      Standar Kompetensi            : Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia dan
                                                        sekitarnya.
II.    Kompetensi Dasar                : Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam.
III.   Indikator                                 : - Menjelaskan cara-cara menghadapi bencana alam.
                                                        - Menunjukkan jenis-jenis bencana alam.

IV.  Materi Pokok
Cara menghadapi bencana alam
V.    Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 6-9)
Pertemuan 6
-          Menjelaskan tentang cara-cara menghadapi bencana alam
-          Tanya jawab tentang cara-cara menghadapi bencana alam
-          Mendiskusikan tentang cara-cara menghadapi bencana alam
Pertemuan 7
-          Mengamati gambar bencana alam
-          Menentukan cara-cara menghadapi bencana alam
-          Mendiskusikan bantuan yang sesuai dengan bencana alam yang terjadi
Pertemuan 8
-          Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu
-          Menjelaskan tentang jenis-jenis bencana alam
-          Mendiskusikan penyebab tiap jenis bencana alam
Pertemuan 9
-          Kesimpulan guru da siswa
-          Evaluasi

VI.  Alat Dan Sumber Bahan
-          Gambar peta Indonesia
-          Gambar Peta Asia Tenggara
VII. Penilaian
-     Tes tertulis    : jawab singkat, uraian
-     Pengamatan / perbuatan


                                   Mengetahui,                          Demak, ………………………20…….
                                Kepala Sekolah                                            Guru Kelas           



                            ……………………….                               ……………………….
                            NIP. …………………                                NIP. …………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                        : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester                    : VI / II
Alokasi Waktu                         : 15 x 35 menit
                                                  Pert. 10 – 14 (4 minggu)

 

I.      Standar Kompetensi      : Memahami peranan Indonesia di era globalisasi
II.    Kompetensi Dasar          : Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi dan
                                                  dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan Bangsa
                                                  Indonesia
III.   Indikator                           : - Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi.
                                                  - Menunjukkan contoh perubahan perilaku masyarakat
  sebagai dampak globalisasi (Misalnya : gaya hidup,
  makanan, pakaian, komunikasi, perjalanan nilai-nilai dan
  tradisi).
IV.  Materi Pokok
Peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak positif serta negatifnya terhadap keidupan bangsa Indonesia.
V.    Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 10-14)
Pertemuan 10
-          Tanya jawab tentang materi Yang telah diajarkan
-          Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi
-          Mendiskusikan peranan Indonesia pada era globalisasi.
Pertemuan 11
-          Tanya jawab tentang materi Yang telah diajarkan
-          Menjelaskan contoh-contoh perubahan perilaku masyarakat sebagai dampak globalisasi.
-          Mendiskusikan contoh-contoh perubahan pada era globalisasi.
Pertemuan 12
-          Tanya jawab tentang materi Yang telah diajarkan
-          Menjelaskan dampak positif terhadap kehidupan bangsa Indonesia akibat globalisasi
-          Mendiskusiakan dampak positif globalisasi terhadap kehidupan bangsa Indonesia.
Pertemuan 13
-          Tanya jawab tentang materi Yang telah diajarkan
-          Menjelaskan dampak negatif terhadap kehidupan bangsa Indonesia akibat globalisasi
-          Mendiskusikan dampak negatif globalisasi terhadap kehidupan bangsa Indonesia.
Pertemuan 14
-          Kesimpuan guru dan siswa
-          Evaluasi
VI.  Alat Dan Sumber Bahan
-          Gambar pabrik tekstil
-          Gambar kilang minyak
VII. Penilaian
-     Tes tertulis    : jawab singkat, Pilihan ganda, Uraian
-     Pengamatan / perbuatan

                                   Mengetahui,                          Demak, ………………………20…….
                                Kepala Sekolah                                            Guru Kelas           


                            ……………………….                               ……………………….
                            NIP. …………………                                NIP. …………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester                  : VI / II
Alokasi Waktu                       : 15 x 35 menit
                                                Pert. 15 – 18 (4 minggu)

 

I.      Standar Kompetensi    : Memahami peranan Indonesia di era globalisasi mengenai
                                                manfaat ekspor dan impor di Indonesia.
II.    Kompetensi Dasar        : Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai
                                                kegiatan ekonomi antar bangsa.
III.   Indikator                         : - Menemutunjukkan barang yang di Ekspor dan di Impor oleh
                                                  Indonesia.
                                                - Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan pertukaran barang-
                                                  barang antara Indonesia dan luar negeri.
                                                - Menunjukkan manfaat adanya pertukaran barang antara
                                                  Indonesia dan luar negeri.
IV.  Materi Pokok
Gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
V.    Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1-5)
Pertemuan 1
-          Pengamatan Peta Asia Tenggara
-          Tanya jawab tentang Peta Asia Tenggara
-          Menemutunjukkan negara-negara Asia Tenggara
Pertemuan 2
-          Pengamatan Peta Asia Tenggara
-          Mendisusikan negara-negara Asia Tenggara
-          Menggambar peta negara-negara Asia Tenggara
Pertemuan 3
-          Pengamatan peta Asia Tenggara
-          Mendiskusikan tentang ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
-          Menemutunjukkan ciri-ciri gejala ala Indonesia denga Negara-negara di Asia Tenggara.
Pertemuan 4
-          Pengamatan peta Asia Tenggara
-          Menyebutkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
-          Tanya jawab ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tanggara.
Pertemuan 5
-          Kesimpuan guru dan siswa
-          Evaluasi
VI.  Alat Dan Sumber Bahan
-          Gambar peta Indonesia
-          Gambar Peta Asia Tenggara
VII. Penilaian
-     Tes tertulis    : Pilihan ganda, jawab singkat
-     Pengamatan / perbuatan
                                   Mengetahui,                          Demak, ………………………20…….
                                Kepala Sekolah                                            Guru Kelas           


                            ……………………….                               ……………………….
                           NIP. …………………                             NIP. …………………


1 komentar:

tanks kk ats silabusnya.....

Posting Komentar

Recursos Blog & Web

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites