Bimbingan
belajar
A. BIDANG
BIMBINGAN : Belajar
B. JENIS
LAYANAN : Informasi
C. FUNGSI
LAYANAN : motivasi belajar
D. TOPIK : Pengaruh Pacaran Terhadap Prestasi Belajar
E. TUJUAN
LAYANAN :
1. Siswa memahami apa yang dimaksud dengan perestasi belajar
2. Siswa
mengenal prinsip belajar
3. Siswa mengetahui
pengaruh pacaran terhadap prestasi belajar
F. MATERI LAYANAN
1. Perestasi Belajar
Prestasi belajar banyak diartikan
sebagai seberapa jauh hasil yang telah dicapai siswa dalam penguasaan
tugas-tugas atau materi pelajaran yang diterima dalam jangka waktu tertentu.
Prestasi belajar pada umumnya dinyatakan dalam angka atau huruf sehingga dapat
dibandingkan dengan satu kriteria (Prakosa, 1991).
Prestasi belajar kemampuan seorang dalam
pencapaian berfikir yang tinggi. Prestasi belajar harus memiliki tiga aspek,
yaitu kognitif, affektif dan psikomotor. Prestasi belajar adalah hasil
yang dicapai sebaik-baiknya pada seorang anak dalam pendidikan baik yang
dikerjakan atau bidang keilmuan. Prestasi belajar dari siswa adalah hasil
yang telah dicapai oleh siswa yang didapat dari proses
pembelajaran. Prestasi belajar adalah hasil pencapaian maksimal menurut
kemampuan anak pada waktu tertentu terhadap sesuatu yang dikerjakan,
dipelajari, difahami dan diterapkan.
2. Prinsip
Belajar
Landasan utama dalam mencapai
keberhasilan belajar adalah kesiapan mental. Tanpa kesiapan mental, maka tidak
akan dapat bertahan terhadap berbagai kesukaran (kesulitan) yang dihadapi
selama belajar.
Setiap peserta didik hendaknya mempunyai
minat yang besar terhadap semua mata diklat yang diterima di sekolah. Suka atau
tidak suka semua mata diklat harus ditempuh. Sikap membenci mata diklat tidak
ada manfaatnya, yang terbaik adalah mengambil sikap positif dengan berusaha
menyukai semua mata diklat yang diajarkan. Karena suka tidak suka mata diklat
tersebut harus ditempuh pada jenjang pendidikan yang mereka ikuti.
3. Pengaruh Pacaran Terhadap Prestasi Belajar
Pada umumnya ada
beberapa faktor yang mempengaruhi adanya tindakan pacaran terhadap remaja masa
kini. Misalnya pengaruh sinetron, tapi ada juga yang meniru kehidupan-kehidupan
yang negatif dari di sekitar mereka. Sehingga bisa mempengaruhi perestasi
belajar.
G. SKENARIO
Tahap
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Pembukaan
|
-
Salam, presensi
-
Membina
hubungan baik dengan metode Curhat
-
Menyampaikan tujuan
dari materi yang akan disampaikan.
|
5 Menit
|
Inti
|
-
Siswa diberikan
motivasi tentang pentingnya belajar
-
Siswa diberikan
pemahaman tentang materi yang berkaitan dengan prestasi belajar
-
Membagi kelas
dengan beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5 orang.
-
Setiap kelompok diberikan topik yang berbeda mengenai materi yang bersangkutan
-
Setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusi kelompok kecilnya dalam diskusi kelas dan
kelompok yang lain menanggapi hasil kerjanya.
-
Hasil diskusi
disampaikan dalam penutup diskusi.
|
30 Menit
|
Penutup
|
-
Konselor
menyampaikan kesimpulan
-
Evaluasi atau
tindak lanjut.
|
5
Menit
|
H. MEDIA Slide
-
power
point tentang materi terkait.
-
Kertas
dan alat tulis
I.
METODE
-
Diskusi
-
Tanya jawab
J.
TEMPAT KEGIATAN
-
Ruang kelas.
K. PENILAIAN
1.
Penilaian hasil
Penilaian
hasil dilakukan melalui :
-
Penilaian
Segera (Laiseg) : Siswa memahami materi yang telah disampaikan.
-
Jangka
pendek (Laijapen) : Siswa merasa senang dan dapat menerapkan dalam
kehidupan sehari-hari tentang pengaruh pacaran terhadap prestasi belajar yang
tidak mereka dapatkan dari orang tua atau orang dewasa lainnya. Yang di ukur
dengan menggunakan lembar refleksi diri
-
Jangka
panjang (Laijapan) : Di ukur dengan menggunakan lembar
observasi siswa (untuk dapat mengetahui perubahan sikap melalui pengamatan
langsung terhadap perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan tersebut).
2.
Penilaian Proses
:
Penilaian
proses dilaksanakan melalui analisis terhadap keterlibatan siswa dalam
pelaksanaan kegiatan.
Aspek
yang diamati:
-
Partisipasi siswa dalam diskusi
-
Penyelesaian tugas refleksi diri
L. EVALUASI
Evaluasi hasil : siswa dikatakan
berhasil memperoleh pengalaman belajar dengan baik, bila:
-
Merasa senang dalam mengikuti kegiatan
diskusi kelompok
-
Dapat berpartisipasi dalam penyelesaian
tugas akhir diskusi.
-
Dapat menunjukkan perubahan sikap yang
lebih baik dalam menjalankan hidup dengan bertanggung jawab.
M. SUMBER
-
Buku materi, LKS.
N. PENILAIAN
DAN TINDAK LANJUT
-
Memantau perkembangan siswa dalam kehidupan sehari-hari
di lingkungan sekolah.
-
Mengadakan bimbingan kelompok untuk
meningkatkan pemahaman terhadap materi layanan yang disampaikan.
-
Memberikan layanan konseling individu
bagi siswa yang mengalami hambatan.
O. CATATAN
KHUSUS
-
Setiap siswa akan ikut berperan
aktif dalam berdiskusi jika dalam setiap kelompok kecil mampu menyampaikan
pendapatnya dengan baik dan tertib.
0 komentar:
Posting Komentar